Sabtu, 01 Februari 2014

Teknik Zooming Pada Fotografi

Zooming merupakan teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposure. 

Dalam foto zooming terkesan gambar yang blur seakan bergerak menuju atau membuyar dari satu area fokus. Teknik ini berbeda dengan panning meski keduanya sama-sama memfokuskan pada obyek dan mengaburkan backround. Sebab pada prakteknya, teknik zooming hanya bisa dilakukan dengan lensa zoom.
Berikut adalah cara atau tips dalam teknik zooming yang mungkin berguna :
  1.  Atur pada kecepatan rendah. Biasanya tidak lebih dari 1/30, tapi itu tidak mutlak tergantung sang  fotografer. Alasannya menggunakan speed rendah untuk mengaburkan obyek pada selain area  fokus.
  2.  Sebaiknya menggunakan tripod untuk menjaga fokus agar maksimal. Karena foto zooming adalah    hasil dari menggerakkan zoom lensa baik secara zoom in atau zoom out saat shutter ditekan. Di  sini diperlukan keselarasan antara tekanan shutter dan zoom yang digerakkan secara bersamaan  untuk menghasilkan harmoni yang diinginkan.
  3.  Guna memperoleh kesan zooming yang menarik, kita harus pandai memilih background yang    memiliki kontras dan banyak warna. Juga komposisi obyek yang menjadi fokus sebaiknya berada di  tengah background tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar